Jumat, 08 November 2013

EBAY


Kelompok 5 Pengantar Bisnis Informatika
Kelas 4Ia23
Nama Anggota dan NPM :
- Abraham Lincoln (50410055)
- Damar Dwi S (51410650)
- Muhammad Ardiansyah (54410635)
- Muh. Idris (54410543)
- Muhammad Risa (54410796)
- Rachmad Dwi Setiyawan (55410492)
- Sella Rahmafiandi (56410434)


EBAY


EBAY merupakan salah satu sarana jual beli online yang sudah menjaring dan berkembang didunia Internasional. Sebagai ajang pasar online didunia tempat dimana para penjual dan pembeli berhimpun dan berdagang apa saja. Ebay dibuat pada tahun 1995 oleh Pierre Omidyar sebagai AuctionWeb, yang merupakan bagian dari situs pribadi, yang saat itu hanya berguna sebagai tempat ajang jual beli untuk barang yang sulit ditemukan.





Sekarang Ebay berkembang pesat karena berhasil memanfaatkan keadaan sebagai salah satu situs jual beli online pertama untuk mendapatkan user sebanyak – banyaknya. Saatt awal kemunculan, Ebay menawarkan servisnya secara cuma – cuma atau gratis. Setelah penggunanya mulai meningkat drastis, barulahEbay mulai menarik biaya untuk listing fee.



Apa saja yang dapat dijual di Ebay?


Barang dan jasa bisa diperjual belikan disini. Barang yang masih baru atau yang masih layak pakai bisa diposting dalam halaman jual beli di Ebay dalam beberapa kategori, seperti misalnya barang antik, seni, buku, bisnis, komputer dan networking, furniture, home appliance, musik, servis khusus suatu bidang, barang olahraga, tiket dan travel, mainan, baju, sepatu serta aksesoris dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan menurut sumber lain menyatakan bahwa pesawat terbangpun bias diperjual belikan melalui Ebay.


Cara pembayaran di Ebay





Mekanisme pembayaran di Ebay


Cara penjual untuk menerima pembayaran bisa melalui egold, moneybooker, western union, cek,transfer bank dan tunai. Biaya pengiriman akan dibebankan kepada pembeli dengan syarat tertentu dan perjanjian belah pihak yang telah disepakati untuk mengesahkan pengiriman barang atau jasa baik pengiriman domestic ataupun internasional. Tetapi pembayaran menggunakan Paypal lebih dianjurkan karena lebih menjaga keamanan pembayaran. pemegang account Paypal akan diverifikasi oleh Paypal sehingga meminimalisasi tingkat penipuan dalam hal pembayaran. Paypal juga cocok untuk pembayaran instan.


Kelebihan dan Kelemahan EBAY


Kelebihan Ebay :
  • Pengunjung atau visitor banyak setiap harinya. Memungkinkan barang yang dijual melalui Ebay akan cepat terjual.
  • Tidak perlu mengeluarkan kos untuk promosi produk. Tetapi pastikan barang dijual terdapat demand dan selling through yang tinggi.
  • Berpotensi besar untuk meraih keuntungan yang lebih cepat karena terpercaya karena feedback antara penjual dan pembeli sangat mengutamakan system kepercayaan.
  • Banyak alat bantu atau tools pada ebay yang memaksimalkan cara yang paling pantas dalam hal jual beli.
Kelemahan Ebay :
  • Ramai penjual yang tidak tahan dengan fee ebay dalam meletakan barang (listing item).
  • Peraturan yang ketat untuk melistingkan barang-barang (listing limit) terutama account yang baru dan feedback yang sedikit.
  • Feedback negatif hanya boleh ditinggalkan oleh pembeli.
  • Persaingan harga dengan barang-barang dari China.
  • Profit margin yang sangat kecil.



Referensi bacaan :

http://blogger2pemula.blogspot.com/2012/10/apa-itu-ebay-untuk-apa.html
http://www.id.ebay.com/what-is-eBay.htm
http://www.resep.web.id/bisnis-keuangan/apa-itu-ebay.htm
http://www.ebay.com/
http://businessonlinesenang.blogspot.com/2011/07/ebay.html

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih ya atas infonya, sangat bermanfaat sekali, Penyedia Perlindungan Asuransi Kesehatan Dengan Unit Link Commonwealth Life - International Language Center yang Berkualitas, Terjamin dan Terpercaya di Indonesia

Posting Komentar