Rabu, 21 Maret 2012

Membuat Grafik

Dalam membuat grafik kita dapat melihat istilah-istilah yang dapat digunakan untuk membuat sebuah grafik, sebagai berikut :

1. Seri Data. Grafik batang, grafik iris, garis atau elemen yang mewakili suatu kumpulan nilai didalam grafik. Contohnya suatu grafik dapat menampilkan batang-batang yang menggambarkan nilai itemyang sama. Semua batang dengan seri data yang sama akan memiliki pola yang sama. kita dapat mempunya lebih dari satu pola masing-masing grafik, sebagai contoh, grafik penjualan untuk territory 1 dibandingkan dengan territory 2 akan menjadi dua seri data - satu untuk setiap wilayah. Sering kali seri data dihubungkan dengan baris data dalam lembar kerja.

2. Categoris. Kategori menggambarkan nomor elemen dalam seri data. beberapa grafik biasanya hanya menggambarkan satu kategori. Kategori normal berhubung dengan kolom lembar kerja, dan nama kategori yang diambil dari judul kolom. Sebagai contoh, dua seri data yang membandingkan penjualan pada dua wilayah yang berbeda, dan empat kategori yang membandingkan empat wilayah yang berbeda.

3. Axis. Satu sisi dari grafik. Ada dua dimensi grafik, yaitu sumbu X dan sumbu Y. Sumbu X berisi seri data dan kategori grafik. Jika kita memiliki lebih dari satu kategori, sumbu X berisi label yang mendefinisikan masing-masing kategori tersebut. Sumbu Y menggambarkan nilai dari batang, baris atau sekelompok nilai. Pada grafik tiga dimensi, sumbu Z menggambarkan nilai garis tegak, sumbu X ( panjang ) dan sumbu Y ( lebar ) digambarkan oleh dua bagian pada lantai grafik.

4. Legend. Mendefinisikan seri grafik yang terpisah. Sebagai contoh, keterangan untuk grafik irisan lingkarang di tampilkan didalam setiap irisan grafik lingkaran tersebut.

5. Gridlines. Kadang garis terlihat sepanjang nilai atau sumbu Y, dapat juga berasal dari sumbu X. Garis menolong kita untuk menjelaskan nilai yang tepat.


Tipe-tipe Grafik :

Kita dapat membuat grafik dengan tipe yang berbeda-beda dengan menggunakan Excel. Tipe grafik yang dipilih tergantung dari data yang ingin kita sajikan dalam bentuk grafik. Untuk menampilkan data tersebut pahamilah tipe grafik dan penggunaannya berikut ini.

* Pie. Grafik ini berbentuk irisan, digunakan untuk memperlihatkan hubungan antara suatu bagian dengan keseluruhan.

Bar. Grafik berbentuk batang digunakan untuk membandingkan nilai yang ada pada suatu bar.

* Column. Serupa dengan grafik batang ( berbentuk kolom ), digunakan untuk menegaskan perbedaan pada waktu yang berbeda.

* Line. Grafik garis untuk menekankan perubahan dan kecenderungan pada waktu yang berbeda.

* Seatter. Serupa dengan grafik garis; tipe grafik pecahan digunakan untuk menekan perbedaan diantar kedua kelompok ini.

* Area. Serupa dengan grafik garis; gunakan tipe area ini untuk menekan kapasitas perubahan nilia pada waktu yang berbeda.




Sumber : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI ( PENERBIT PT.INTIMEDIA CIPTANUSANTARA ).

0 komentar:

Posting Komentar