Senin, 05 Maret 2012

Perangkat Lunak Aplikasi dan Sisitem Operasi Pada Komputer

*Perangkat Lunak Aplikasi

Pengguna membeli komputer dan perangkat lunak komputer untuk berbagai alasan. pengguna di dunia bisnis ingin membuat surat dan laporan, menata daftar atau mengelola keuangan mereka. pengguna lain ingin bermain game, belajar bahas asing, mengirim surat elektronik (e-mail ) ke sahabatnya, atau menjelajah dunia informasi. Aplikasi atau apps, merupakan program yang memungkinkan pengguna menyelesaikan tugas tertentu, pengolah kata, spreadsheet, database, paket komunikasi, dan game adalah contoh-contoh aplikasi.

*Sistem Operasi Pada Komputer

Sistem operasi adalah program yang membuat komputer bekerja, memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi dan berkomunikasi dengan komputer serta periferalnya. Periferal adalah jenis perangkat keras yang dihubungkan ke dan di gunakan oleh komputer. Beberapa contoh periferal adalah :
     1. Keyboard
     2. Mouse
     3. Printer
     4. Monitor atau tampilan
     5. Disk Drive
     6. Modem
Manajemen sistem operasi perangkat keras dan perangkat lunak sangat penting artinya bagi pengguna. Tanpa sistem operasi, komputer dan aplikasinya tidak dapat menjalankan tugas-tugas dasar, seperti mencetak ke printer atau menampilkan informasi di monitor.

Mengenal Windows sebagai Sistem Operasi

Tanpa perangkat lunak atau software, komputer tidak dapat di manfaatkan pemkai untuk melakukan proses. komputer hanyalah mesin sedangkan software merupakan program atau intruksi-intruksi yang menyebabkan komputer melakukan proses. Perangkat lunak atau software pada dasarnya dikelompokan yang salah satunya adalah perangkat lunak Sistem Operasi.

Beberapa Keunggulan yang akan kita temui dari sistem operasi Windows antara lain :
a. menggunakan seluruh kemampuan Windows hanya melalui tombol start untuk menjalankan progrm-program pribadi, membuka dokumen, mengatur konfigurasi, atau bahkan mencari data yang kita perlukan yang mungkin tersimpan pada media penyimpanan.
b. Penggunaan fasilitas multimedia yang lebih mudah.
c. Menampilkan seluruh aplikasi yang sedang digunakan pada baris taksbar sehingga mudah bagi pengguna untuk melihat aplikasi apa saja yang telah dibuka.
d. Arsitektur Windows yang bekerja pada modus 32 bit sehingga proses pengkodean 32 bit yang terdapat pada processor tipe 80386 ( 386 ) ke atas dapat lebih di manfaatkan secara optimal.
e. Windows dilengkapi dengan fasilitas multi tasking dan multi threading sehingga pengguna dapat mejalankan beberapa aplikasi atau perintah sekaligus dalam waktu yang relatif bersamaan.
f. Windows menyediakan fasilitas untuk melakukan hubungan antar komputer PC dengan menambahkan perangkat keras modem.
g. Kemampuan dalam dalam pemberian nama file yang mencapai 25% karakter.
h. Penggunaan mouse untuk siap instruksi sehingga pengguna tidak perlu mengetikkan perintah yang akan di berikan kepada komputer.
i. Adanya fasilitas pertolongan ( help ) yang baik sehingga memerlukan penggunaan untuk menanyakan sesuatu masalah.
j. Adanya dukungan standar industri plug and ply sehingga membantu pengguna dalam hal penambahan fasilitas perangkat keras baru. Karena fasilitas ini, Windows secara otomatis  akan mengatur konfigurasi dari perangkat keras baru yang terpasang.

Referensi : Belajar Efektif TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI ( OLEH PENYUSUN Drs. Sartono , Miki Herawan, S.E , Dede Herman, S.T , Dengan PENERBIT PT INTIMEDIA CIPTANUSANTARA ).

0 komentar:

Posting Komentar